Tips Mudah Cara mengatasi Flu/Pilek dengan cara Alami dan Natural

Cara mengatasi keluhan pilek dirumah – Pilek atau flu adalah salah satu gejala yang paling umum yang ditemukan pada anak-anak maupun orang dewasa. Apa itu Pilek/Flu ?? Pilek itu sendiri yakni tanda infeksi ringan pada hidung,saluran sinus, tenggorokan, dan saluran pernafasan bagian atas. Pilek sendiri pada umumnya disebabkan oleh virus.


virus batuk flu dan pilek

Pada umumnya virus pilek ini dikenal umum oleh masyarakat  sebagai Influenza virus. Virus ini memiliki ciri yang sama dengan virus batuk yakni self limited disease, yang berarti virus ini akan sembuh sendiri dalam waktu 1 minggu dengan daya tahan tubuh yang kuat.  Pilek mengakibatkan tersumbatnya hidung, kenapa hal tersebut bisa terjadi ? Tersumbatnya hidung terjadi hal ini karena 2 faktor yakni 
  • Melebarnya pembuluh darah, sehingga nantinya mukosa hidung bengkak dan mempersempit rongga hidung.
  • Meningkatnya produksi lendir, sehingga hidung itu sendiri semakin tersumbat. Yang perlu diperhatikan ketika Flu menyerang adalah jangan terburu-buru mengkonsumsi obat anti-biotik. Hal ini Karena, antibotik itu sendiri digunakan  untuk membunuh kuman / bakteri bukan virus. Perlu anda ketahui, banyak ditemukan penderita pilek atau flu ini ketika periksa, sering menanyakan kenapa tidak mendapati obat antibiotik. Jadi jika anda berprofesi sebagai dokter, tekanakan dan berikan jawaban yang mudah dan dimengerti kalau antibiotik adalah obat yang gunakan ketika terinfeksi bakteri bukan virus.
Terkena flu pastinya tidak nyaman dalam beraktifitas, nah disini saya akan berbagi tips dan trik bagaimana cara mengatasi dan mengurangi keluhan pilek :
  • Jahe 
Seperti yang kita tahu jahe adalah bumbu dapur yang mudah kita temukan dirumah atau halaman kebun. Jahe sendiri mengandung antioksidan yang berfungsi dan bermanfaat untuk menncegah infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jahe juga bersifat Dekongestan yang bermanfaat melegakan tenggorokan . jahe juga memiliki sifat Diaphoretic yang bermanfaat membuat keringat sehingga tubuh menjadi hangat. 
  • Essential Oil
Gunakan essential oil tersebut teteskan kedalam air hangat sebanyak 6-8 tetes kemudian hidup uapnya  untuk melegakan tenggorokan. 
  • Larutan Garam
Untuk melegakan tenggorokan, anda bisa juga menggunakan Larutan garam (NaCL 0,9% ) yang dapat anda beli di apotik. Biasanya bisa menggunakan pipet sebanyak 5 tetes ke hidung kemudian dikeluarkan. 
  • Bawang Putih
Bawang putih adalah salah satu bumbu masak yang dapat kita jumpai dipasar ataupun didapur . Bawang putih kaitannya dengan menyembuhkan pilek sendiri mempunnyai sifat antioksidan yang bermanfaat  untuk mencegah infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh. Bawang putih bisa anda cincang kemudian anda bisa makan mentah mentah , atau anda juga bisa memasukannya ke air hangat 1 atau 2 siung lalu anda bisa mencampurnya dengan madu. 

Lalu bagaimana, cara mencegah sehingga terhindar dari pilek atau flu ini :
  1. Menjaga kebersihan , Selalu cuci tangan ketika akan dan setelah memegang sesuatu. Tutup dengan lengan atas jangan dengan telapak tangan jika flu.
  2. Konsumsi Buah-Buahan dan sayur-sayuran
  3. Istirahat yang cukup
  4. Minum Air Hangat
  5. Mandi atau berendam dengan air hangat
Nah itulah cara mengatasi keluhan pilek dengan bahan alami dan mudah ditemukan di sekitar kita . tetap selalu ingat jika sakit yang dirasa mulai tidak ada perkembangan baik, silahkan ke klinik atau memeriksakan diri .. terima kasih


0 Response to "Tips Mudah Cara mengatasi Flu/Pilek dengan cara Alami dan Natural"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel