Cara Mengurangi Keluhan Batuk Saat Imunitas Tubuh Menurun

Penyakit batuk adalah salah satu bentuk respon alami dari tubuh untuk mendorong benda asing yag mencoba masuk ke saluran pernapasan. Benda asing tersebut biasanya berbentuk zat gas seperti partikel debu, asap knalpot bisa juga berbentuk zat cair dan zat minuman contohnya : makanan atau minuman.




flu dan batuk, cara mengobati dan mencegah


Hal ini karena di tenggorokan memiliki 2 saluran yakni saluran pencernaan dan pernafasan. Makanan masuk ke saluran pencernaan dan sedangkan udara masuk ke saluran pernafasan. Namun dalam beberapa kasus makanan dapat masuk ke saluran pernafasan sehingga secara alami tubuh menganggap benda asing sehingga tubuh meresponnya dengan mendorong berupa batuk ataupun tersedak. 


Penyakit batuk umumnya 80% terjadi karena virus, virus tersebutt mempunyai sifat self limiting Disease. Apa itu Self Limiting Desease ?? Self Limiting Disease adalah salah satu penyakit yang dapat dengan sendirinya sembuh sendiri dalam waktu 1 minggu degan daya tahan tubuh yang kuat.

Perlu anda ketahui, bahwa batuk dalah salah satu peenyakit yang tidak mengindikasikan penyakit yang serius. 

Namun apabila batuk anda memiliki ciri seperti Persistence,berkelanjutan,disertai dengan darah maka perlu dan wajib bagi anda untuk berobat dan berkonsultasi dengan dokter.


Nah berikut ini kami bagikan cara, trik dan tips untuk mengurangi keluhan batuk dirumah. 


  • Lemon dan MaduAir hangat dengan 1 sdt perasan lemon dan juga 1 sdt madu. Lemon Sendiri berfungsi selain menghasilkan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan, Madu bersifat antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mencegah infeksi.
  • Jahe, Anda bisa membuat air rebusan jahe ataupun anda ingin membuat soup anda bisa menambahkan jahe. Jahe tersebut berfungsin sebagai antioksidan alami dan juga anti peradangan sehingga hal tersebut dapat mencegah infeksi dan juga meningkatakan imunitas kekebalan tubuh.
Anda bisa membuat air rebusan jahe ataupun anda ingin membuat soup anda bisa menambahkan jahe. Jahe tersebut berfungsin sebagai antioksidan alami dan juga anti peradangan sehingga hal tersebut dapat mencegah infeksi dan juga meningkatakan imunitas kekebalan tubuh.

Selain mengkonsumsi lemon, madu dan juga jahe anda juga bisa dapat melakukan tips dan trik ini, untuk mengurangi batuk 

  • Menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan yang bersih ketika akan dan selesai memegang sesuatu, sehingga hal ini kita tidak menularkannya kepada orang lain. Nah itu ada caranya, orang biasa menyebutnya etika batuk. Biasanya setiap orang ketika batuk menutupnya dengan telapak tangan, jika anda tahu telapak tangan tersbut dipegang untuk memegang barang, memegang uang dan juga untuk berjabat tangan kepada orang lain sehingga dapat menularkannya kepada orang lain. Etika batuk seharusnya anda tutup dengan lengan atas.

  • Istirahat yang cukup , sesuai yang termuat bahwa batuk adalah Self Limiting Disease yang artinya akan sembuh dalam waktu 1 minggu ketika imunitas daya tahan tubuh kuat sehingga perlu istirahat yang cukup.

  • Berendam Air Hangat,  Berendam air hangat ini berfungsi dan bermanfaat untuk melegakan tenggorokan kamu itu sendiri. 

Nah, itulah cara alami untuk mengatasi dan mengurangi rasa sakit batuk dengan bahan yang mudah yang dapat anda temui dirumah. Jangan lupa jika batuk anda, Persistence,berkelanjutan,disertai dengan darah Konsultasikan ke klinik atau dokter segera. Terima kasih dan have a nice day, salam sehat untuk memberi manfaat.

0 Response to "Cara Mengurangi Keluhan Batuk Saat Imunitas Tubuh Menurun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel