Cara Mengatasi Anemia : Penyebab dan cara Mencegahnya


Cara mencegah anemia- Anemia adalah suatu keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah untuk menghantarkan oksigen keseluruh tubuh . Penyebab anemia itu ada 3, yakni :

tips mengobati penyakit anemia

  • Kurangnya Produksi Sel darah Merah
Produksinya berkurang dibagi atas 2 hal yakni sel darah merahnya yang berkurang biasanya dapat ditemukan pada penyakit bawaan pada anemia aplastik. Atau bisa juga hemoglobin yang berkurang, Hemoglobin berkurang terjadi pada anemia penyakit kronis yang proteinnya berkurang untuk membentuk hemoglobin. Namun yang paling umum dijumpai pada anak-anak adalah anemia Defisiensi Besi yaitu kondisi dimana kekurangan zat besi untuk membentuk hemoglobin yang berfungsi sebagai transportasi oksigen ke seluruh sel jaringan.

  • Penghancuran Berlebih sel darah Merah
Penghancuran berlebih sel darah merah bisa berakibat buruk. Dikarenakan akan muncul penyakit yang bisa disebut autoimun . Apa itu autoimun ? Autoimun adalah penyakit dimana tubuh menghancurkan sel darah merahnya sendiri. Biasanya gejala yang diakibatkan autoimun ini adalah Tubuh terlihat kuning.

  • Kehilangan Sel darah merah ( Blood Lost)
Blood lost adalah tubuh kehilangan sel darah merah karena suatu hal . contoh gampangnya adalah wanita mengeluarkan darah menstruasi secara berlebihan tanpa asupan gizi yang cukup dapat menyebabkan anemia.

Gejala dari anemia itu sendiri, beberapa dintaranya sebagai berikut :

  • Mudah lelah
  • Tidak bersemangat
  • Pucat
  • Letih dan Lesu
Nah, saya bagikan tips mudah menghindari tubuh kita terkena anemia :
  • Perbanyak Konsumsi Zat Besi
Zat besi sangat cocok untuk mencegah anemia, darimana kita mendapatkan zat besi yang cukup . Kandungan zat besi bisa nada temui pada makanan Hewani dan Nabati. Pada Hewani misalnya pada ati ayam ataupun daging merah. Jika Nabati bisa melalui sayuran, ataupun buah.

Anda juga bisa membuat jus apel dan mentimun ,kenapa apel dan mentimun karena buah tersebut memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dan usus sehingga zat besi bisa menghasilkan hemoglobin. Mengkonsumsi Buah beet  dimana buah tersebut memiliki kandungan asam folat yang berfungsi sebagai meningkatkan sel darah merah itu sendiri. Buah beet bisa anda konsumsi langsung, di jus atau bisa dicampur juga kedalam salad. Selain itu anda juga bisa mengkonsumsi buah buah delima.

Nah, kita sudah membahas apa itu anemia, gejala anemia dan juga cara agar terhindar dari anemia. Kali ini kita akan bagikan tips bagaimana agar terhindar darii penyakit anemia ini :

  • Istirahat yang cukup, Istirahat yang cukup dapat meningkatkan metabolisme tubuh supaya penyerapan nutrisi dan mineral berjalan optimal. 
  • Mengurangi konsumsi Rokok dan Alkohol
  • Mengurangi Konsumsi teh.
Jika anda mengalami gejala seperti anemia, segera periksakan ke rumah sakit dan klinik terdekat agar mendapatkan pengobatan yang tepat .. terima kasih





0 Response to "Cara Mengatasi Anemia : Penyebab dan cara Mencegahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel