Codeigniter #1 Newbie to Kyubie: Mempersiapkan Alat Tempur Coding


Selamat malam Sobat Ci , Malam ini saya akan bahas sedikit mengenai Ci atau Codeigniter .

Codeighter adalah bahasa pemrograman framework berbasis PHP yang simpel dengan footprint yang sangat kecil . Codeighter ini adalah salah satu bahasa pemrograman favorit pengembang untuk membuat aplikasi .





Di industri bisnis teknologi bahasa pemrograman framework akhir akhir ini menjadi pilihan utama , selain memiliki loading page yang cepat, Bahasa pemrograman Ci Framework mendapatkan tempat istimewa dalam hal keefektifan pengelolan dan maintainance.


Lalu apa itu Framework ?? Framework yakni kerangka kerja yang bekerja pada konsep tertentu .. Pada Ci sendiri dikenal dengan Konsep MVC ( Model , View , Dan Control ), dengan konsep MVC ini Pengembang tidak perlu membuat kembali menulis coding berulang kali, dikarenakan Framework Ci telah menyediakan tool di framework CI .


Banyak sekali tool yang sudah disediakan Framework Codeiigniter, kita biasa sangat berkutat pada script koneksi database, pagination, proses login, query database. Dengan menggunakan sebuah framework, CodeIgniter tentu saja, kita tidak perlu lagi menuliskan perintah mysql_connect, myql_select_db atau semacamnya, karena CodeIgniter sudah menyediakan semua itu .

Didalam Framework Codeigniter dikenal dengan Konsep MVC ( Model, View, Controlling ), Apa itu ??

Model adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap operasi database, baik itu create, read, update atau delete. Ia berupa fungsi-fungsi operasional database yang dapat dipanggilkan oleh Controller.


View adalah bagian yang menangani tampilan. bagian inilah yang bertugas untuk mempresentasikan data kepada user. Ia berbentuk struktur HTML yang berisikan variabel data yang dikirimkan oleh Controller.

Controller adalah bagian yang mengatur hubungan antara Model dan View. Ia adalah otak dari kinerja aplikasi. Ia terdiri dari fungsi-fungsi yang bersifat operasional dan logikal. Saat ada request yang masuk, ia akan menangani dan memprosesnya untuk kemudian ditampilkan dalam View.

Ketiga Konsep tersebut saling berkaitan satu sama lainnya, Dengan Konsep MVC . Dengan konsep MVC ini Pengembang mendapatkan kemudahan dan juga efektifitas waktu dalam membuat sebuah aplikasi, jadi Apakah Anda tertarik untuk memulai menggunakan Codeiigniter ..

Jika Anda berminat, anda dapat mulai belajar saat ini . Sebelum itu ada baiknya anda memersiapkan alat Tempur untuk memulai langkah awal anda untuk menjadi seorang pengembang ..


1. WAMP SERVER / XAMMP ( Download )
2. Sublime Text  ( Download )
3. SQLyog ( Download )
4. Codeigniter ( Download )

Jika telah anda download ssilahkan anda instal aplikasi tersebut 1 persatu.. Nah mudahkan.. Eittssss ngomong ngalor ngidul lupa belum ngasih tahu Keuntungan dan kerugian Menggunakan Framework Codeigniter ..


Keuntungan menggunakan Codeigniter



Kekurangan Menggunakan Framework CI



Nah itulah Sekilas mengenai langkah pertama yang anda bisa ambil untuk menjadi seorang Kyubi Programmer Framework Codeigneter. Selamat Berjuang




0 Response to "Codeigniter #1 Newbie to Kyubie: Mempersiapkan Alat Tempur Coding "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel