Fungsi Ms. Excel, Cara Mengoperasikan dan Perintah Dasar Yang Sering Digunakan

Fungsi Ms. Excel, Cara Mengoperasikan dan Perintah Dasar Yang Sering Digunakan - Program Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang tidak asing lagi bagi pemakai aplikasi microsoft office . Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah lembar kerja elektronik atau pengolah angka yag sangat populer dan penggunaannya relatif mudah. Microsoft Excel bekerja di bawah sistem operasi Windows.

Perkembangan microsoft Office khususnya Ms. Excel sangat pesat sekali, dimulai dari microsoft Excel 4 hingga Microsoft Excel 2007 dan Microsoft XP, yang memiliki kemampuan menyimpan file dalam bentuk worksheet dan workbook, banyak kemudahan yang akan anda peroleh selama anda menggunakan Microsoft Excel, Seperti bekerja dengan daftar data, menghitung angka-angka, membuat laporan, diagram grafik, dan Excel Macro, Disamping kemampuan lainnya yang banyak dimunculkan beberapa fasilitas baru, meliputi fasilitas Web, Hyperlink, Multi Level Undo, Formula Autocorrect, Office Asisstant dan terutama dalam penambahan dalam bentuk ribbon.

Akses Microsoft Excel
Untuk menjalankan sistem operasi Microsoft Excel sama dengan sistem operasi lainnya, adapun untuk lebih jelasnya, Langkah langkah menjalankan sistem operasi Microsoft Excel adalah
1. Aktifkan Sistem Operasi Windows
2. Setelah sistem Windows aktif, Pilihlah start yang ada pada taskbar dengan cara meng Klik Mouse
3. Dari Menu Start, Pilihlah menu All Program >> Pilih Microsoft Office lalu klik Microsoft Excel jika sudah tersedia maka ,akan nampak seperti gambar berikut ini.


4. Setelah Microsoft Excel Dipilih Maka akan muncul lembar kerja Seperti ini 


TAMPILAN DAN PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL


Ribbon terdiri dari beberapa menu diantaranya adalah menu Home , Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View, Add-ins dan Menu Developer jika diaktifkan

Default dari tampilan ribbon adalah menu Home dibawahnya adalah icon-icon sesuai dengan fungsinya.

Cara mengaktifkan atau memilih menu tersebut cukup di klik menu yang diinginkan maka secara otomatis icon-icon akan berubah sesuai dengan fungsi menu tersebut.

Lembar Kerja atau Worksheet

Lembar kerja pada microsoft Excel terdiri dari Judul atau sering kita sebut Row Heading dan Judul Kolom atau Column Heading. yang terdiri dari kolom A,B,C,D,.... Z , sedangkan baris terdiri dari baris 1,2,3,4,5, ........1048576 Baris

Nama Sel dan Range
Lembar kerja di microsoft excel terdiri dari beberapa kolom-kolom dan baris-baris .Di excel ada yang nama istilah Sel dan Range .. Apa itu Sel ?! SEL adalah pertemuan antara Baris dan kolom. Sel adalah perpotongan anatara kolom dan baris .. Biasanya nama kolom diawali A,B dan baris ke 1 akan disebut A1.. Untuk Alamat sel anda bisa melihatnya disebelah kiri atas.


D. Formula Bar


Formula bar adalah salah satu keunggulan Ms.Excel untuk pengolahan dan penginputan data . Formula bar ini dipakai untuk 

1. Memasukan data atau rumus
2. Memperbaiki data atau rumus
3. Menampilkan data atau rumus pada sel aktif

untuk menampilkan dan menyembunyikan tampilan formula Bar dapat dilakukan dengan cara klik menu View, dilanjutkan dengan menglik Icon Formula.

E. Toolbars


Toolbars pada microsoft Excel 2007 secara otomatis akan muncul secara defaultnya menu Home, seperti dijelaskan diatas masing masing menu memiliki icon-icon sendiri, kumpulan dan beberapa icon tersebut disebut dengan toolbar, untuk menampilkan toolbar, anda cukup klik menu . Contoh menu View dilanjutkan dengan memilih icon yang ditampilkan atau disembunyikan.

Contoh untuk menampilkan atau menyembunyikan formula bar, Gridlines dan heading klik menu View atau menampilkan pilihan-pilihan garis tertentu atau gambar Flowchart, Klik menu insert dilanjutkan dengan mengklik Icon Shapes.



0 Response to "Fungsi Ms. Excel, Cara Mengoperasikan dan Perintah Dasar Yang Sering Digunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel