1 Hari Langung Jadi , Begini Cara Terbaru,Syarat, dan Biaya Pembuatan SKCK Offline Tanpa Surat Pengantar

SKCK atau Sering kita kenal urat keterangan Catatan kepolisian, yang dulu lebih dikenal dengan SKKB atau Surat Keterangan Kelakuan Baik , adalah surat yang diterbitkan kepolisian Republik Indonesia melalui Kepolisian Sektor atau Kepolisian Resort /Polres yang beriikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data kepolisian.

SKCK online dan Offline, Bagaimana cara membuat SKCK
Di era Modern Ini SKCK diperlukan dalam berbagai kebutuhan, untuk melengkapi berbagai persyaratan administrasi. Baik untukMengikuti penerimaan Pegawai Negeri Sipil, Melamar pekerjaan, Pendaftaran ekolah ke luar negeri, pencalonan pejabat daerah maupun yang terbaru ini untuk mendaftar bagian dari Ojek Online yakni Go-Jek maupun Grab.

SKCK sendiri berlaku kurang lebih selama 6 Bulan, sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika memang diperlukan . Bagaimana Cara memperpanjang SKCK yang sudah habiss masa berlakunya ?? Bagi Anda yang  ingin memperpanjang SKCK , syaratnya cukup mudah yakni anda cukup membawa Fotocopy SKCK lama danAlsi serta Fotocopy KTP ,jika peryaratan itu udah siap anda bisa mendatangi polsek terdekat di wilayah anda. Beberapa Orang beranggapan membuat SKCK memakan waktu lama, Padahal kenyataannya tidak demikian . Anda bisa melakukannya hanya dalam waktu satu hari . Disini mimin akan cerita awal mula membuat SKCK untuk keperluan melamar kerja.

Awalnya Mimin browsing terlebih dahulu mengenai persyaratan membuat SKCK , dari Hasil browsing Mimin mendapati persyaratan yang rada ribet . Mulai dari minta surat Pengantar kepala Kampung lanjut Ke kelurahan . Yups , Mimin buat surat pengantar ini gratis dan tanppa dipungut biaya. Untuk membuat Surat pengantar di kelurahan jangan lupa membawa Fotocoy KK dan KTP 1 Lembar ,Setelah mendapatkan Surat Pengantar silahkan menuju POLDA atau POLRES terdekat. Karena Mimin berdomisili di Yogyakarta maka mimin mendatangi POLDA DIY untuk membuat sidik jari. Saat akan ke polda ussahakan untuk memakai pakaian yang sopan dan rapi, bersepatu.Di polda jogja jangan lupa melapor ke pos jaga, polisinya ramah-ramah kok dan anda akan ditunjukan lokasi pembuatan sidik jarinya . aat pembuatan sidik jari syarat yang harus anda ssiapkan yakni hanya KTP dan Foto 3x2 sebanyak 1 Lembar dan Foto 4x6 1 Lembar . Setelah syarat ini diberikan anda mengisi form Biodata anda untuk kelengkapan Adminitrasi , setelah selesai anda bisa langsung cap sidik jari anda , tenang saat cap ssidik jari nanti diarahkan dan diawasi langsung kok sama petugasnya . Setelah selesai anda tinggal menunggu hasilnya dan gak menunggu lama sidik jari selesai dibuat . Jika dihitung durasinya mimin kemarin dari awal masuk sampai selesai kurang lebih sekitar 20 Menitan.  O ya untuk pembuatan sidik jari ini bebas biaya jadi manfaatkan ssebaiknya yaa .

Selesai membuat sidik jari, saya menuju POLSEK terdekat diwilayah anda, untuk persyaratan membuat SKCK stelah mendapatkan sidik jari yakni :
1. 1 lembar Fotocopy Sidik Jari
2. 1 Lembar Akte Kelahiran / Ijazah Pendidikan terakhir
3. 1 Lembar Fotocopy KTP
4. 1 Lembar Fotocopy KK
5. Pas Foto 4x6 sebanya 4 lembar
5.  Bagi yang mendaftar pekerjaan untuk POLRI atau PNS melampirkan Fotocopy orang tua.

Mengenai biaya pembuatan SKCK seuai diatur undang undang yakni sebesar 30.000 rupiah. proses di POLSEK sendiri sangat cepat kok anda tinggal menyerahkan berkas , mengii form administrasi biodata dan melakukan validasi, Proses dipolsek tidak lebih kurang selama 15 Menitan . Jika sudah selesai membuat jangan lupa utuk bilang terima kasih yaa gaess dan jangan lupa menyempatkan mampir ke es kelapa muda sebelum kembali pulang kerumah. hehehe

Kesimpulannya, Membuat KCK sekarang udah dipermudah, tidak seperti dulu lagi . dibeberapa wilayah sekarang udah meniadakan surat pengantar dari kelurahan desa . Jadi bagi anda bisa langssung ke polres dan membawa persyaratan diatas untuk membuat rumus Sidik jari . Untuk Wilayah Jogja sendiri sekarang surat pengantar tidak diperlukan lagi,namun tidak ada salahnya anda membuat untuk berjaga jaga, Sekian dan terima kasih ...

0 Response to "1 Hari Langung Jadi , Begini Cara Terbaru,Syarat, dan Biaya Pembuatan SKCK Offline Tanpa Surat Pengantar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel