Bagini Cara Instal Linux Ubuntu Dengan Flashdisk Bootable

Begini Cara Instal Linux Ubuntu Dengan Flashdisk Bootable - Setelah sebelumnya kita belajar, tentang bagaimana cara membuat bootable Linux di Flashdisk . Kali ini kita akan lanjut tahap selanjutnya yakni tentang Bagamana Cara Instal linux Ubuntu dengan Flashdisk yang sudah dibuat bootable. Hal yang perlu kita ingatkan kembali, silahkan backup terlebih dahulu .
Setelah File sudah selesai anda backup, anda boleh mulai lakukan proses penginstalan .
1. Matikan komputer anda, (Setelah Flashdisk tertancap silahkan mulai hidupkan laptop anda )
2. Saat akan mulai proses boot, Silahkan masuk ke settingan BIOS lalu kemudian pergi ke tab BOOT, disana anda disarankan untuk mengubah flashdisk yang sudah dibuat bootable tadi menjadi boot prioritas . Boot prioritas ini nantinya akan dibaca pertama kali oleh sistem operasi . jika Sudah selesai pilih Save kemudian Exit.


Tunggu sampai selesai prosesnya maka akan muncul gambar seperti ini , 
anda akan dipaksa memilih TRY UBUNTU dan INSTALL UBUNTU apa itu ??
  • Try Ubuntu adalah anda hanya menginstal ubuntu untuk coba coba saja. sedangkan,
  • Install Ubuntu adalah anda memasang linux secara permanan
Karena kita ingin menginstal linux ubuntu secara permanen maka pilih saja Install Ubuntu. Mengenai bahasa biarkan saja dan pilih default.
3. Pilih Continue

4. Lalu akan tampil tampilan partisi seperti berikut, Jika laptop anda baru dan belum pernah terinstal windows sebelumnya silahkan klik New Partition table. Klik Continue, maka akan terlihat seberapa besar disk yang kita tambahkan. disini saya hanya menambahkan 8GB saja .

5. seperti tampilan pada gambar, tampilan " Installation Type ", pilih Free spece kemudian anda pilih add atau bisa melalui tanda "+". Disini saya akan menambahkan 1,5 GB untuk partisi Swap. Kemudian atur type-type partisinya dan klik Ok


5. Jangan lupa untuk menambahkan partisi root sebesar 5 GB. setelah itu anda bisa klik OK
6. Setelah semua selesai , maka anda bisa klik instal untuk mulai proses penginstalan Linux ubuntu. Setelah proses kesemuanya sudah lengkap anda di mohon untuk memilih dimana anda berada ?? maka isi sesuai lokasi anda berada , klik Continue 
7. Untuk bagian keyboard silahkan pilih default, Continue
8. Setelah itu akan muncul tampilan “Who Are you?”, pada kolom yang terdapat dalam tampilan tersebut terdapat isian Nama ataupun isian password. Anda bisa isi sesuai dengan keinginan anda. Kemudian klik CONTINUE

9. Tunggu proses installasi yang sedang berlangsung, jika sudah selesai akan restart

Setelah anda restart, masukan username dan password anda. Dan proses instalasi telah selesai dan sistem operasi siap digunakan .. Jangan lupa untul menginstal software pendukung kerja anda .




0 Response to "Bagini Cara Instal Linux Ubuntu Dengan Flashdisk Bootable"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel